Perpustakaan


Alamat : Jl. Tata Bumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293
No. Telepon : 0274-587239
Fax : 0274-587138
Website : http://library.stpn.ac.id/
E-mail : perpustakaan@stpn.ac.id
PIC : Soeharyono Wibisono, A.Ptnh

Sejarah Perpustakaan

Perpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) merupakan satu-satunya perpustakaan Perguruan Tinggi Kedinasan bidang pertanahan di Indonesia. Perpustakaan STPN mulai berdiri pada tahun 1963 dengan nama Perpustakaan Akademi Agraria, sejalan dengan berdirinya Akademi Agraria sebagai cikal bakal STPN yang berlokasi di Jl. Kusumanegara 135 Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1964 Perpustakaan Akademi Agraria dibuka lagi di Semarang yaitu untuk mendukung berdirinya Akademi Agraria Semarang.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 1983 tanggal 16 Juni 1983 Akademi Agraria di Semarang dan di Yogyakarta disatukan menjadi Akademi Agraria Departemen Dalam Negeri dan berkedudukan di Yogyakarta sehingga Perpustakaan Akademi Agraria Semarang juga disatukan dengan Perpustakaan Akademi Agraria Yogyakarta.

Seterusnya tahun 1989 Perpustakaan Akademi Agraria dirubah namanya menjadi Perpustakaan Akademi Pertanahan Nasional (APN) sejalan dengan dirubahnya nama Akademi Agraria menjadi Akademi Pertanahan Nasional. Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1993 tanggal 27 Pebruari 1993 tentang pendirian Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, maka APN ditingkatkan dan diintegrasikan kedalam Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, dengan sendirinya nama perpustakaan juga ikut berubah menjadi Perpustakaan STPN.

Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan STPN saat ini menempati bangunan berlantai 3 seluas 576 m², dengan rincian pemanfaatan sebagai berikut :
Lantai 1, dimanfaatkan untuk : Lobby, Display buku-buku, Sekretariat KAPTI Agraria dan STPN Press Redaksi Buletin Sandi, Ruang Rapat, Ruang Dharma Wanita, Poliklinik, Koperasi.
Lantai 2, dimanfaatkan untuk : Ruang Baca dan Belajar, Layanan Sirkulasi, Layanan Internet, Ruang Koleksi, Ruang Pengolahan.
Lantai 3, dimanfaatkan untuk : Ruang Koleksi Skripsi, Tesis, CD, Ruang Referensi, Koleksi Asing, Arsip, Studio Musik, Studio Audio Visual, Karaoke, dan Diskusi.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang dimiliki perpustakaan adalah :
- Ruang Baca dan sirkulasi
- Fasilitas Lesehan
- Ruang Referensi
- Ruang Rapat
- Komputer dan Internet
- WiFi HotSpot
- Studio Audio Visual / Film / Karaoke / Diskusi
- Studio Band
- Lobby
- Kantin / Koperasi
- Klinik Kesehatan

Sekilas tentang Layanan/ Koleksi yang Tersedia

Sistem layanan yang digunakan adalah open access atau sistem terbuka, yaitu pemustaka dapat melakukan penelusuran bahan perpustakaan secara online melalui penelusuran opac, kemudian mencari dan mengambil sendiri koleksi yang diinginkan. Untuk proses peminjaman dan pengembalian dilakukan dibagian loket layanan sirkulasi didukung dengan sistem otomatisasi. Jumlah koleksi Perpustakaan STPN sampai dengan bulan Juli 2018 secara keseluruhan sebanyak 14.102 judul dengan jumlah eksemplar sebanyak 43.479 eksemplar.

Perpustakaan STPN memberikan beberapa jenis layanan bagi pemustaka, yaitu :
1. Layanan Keanggotaan
2. Layanan Peminjaman
3. Layanan Referensi
4. Layanan Terbitan Berkala (jurnal, majalah, surat kabar)
5. Layanan Internet
6. Layanan Fotocopy

Waktu Layanan

HARIJAM LAYANAN
Senin sampai Kamis08.00 – 21.00 WIB
Jumat08.00 – 11.00 dan 13.30 – 21.00 WIB
Sabtu dan MingguTutup/libur

Buku Unggulan View More


Cornelis Van Vollenhoven
2013
Perpustakaan STPN
Dr. P. Seria Lenggono
2015
Perpustakaan STPN
Aristiono Nugroho ; Haryo Budhiawan ; Suharno
2013
Perpustakaan STPN
Aristiono Nugroho ; Panjang Suharto
2014
Perpustakaan STPN
Ahmad Nashih Luthfi ; Amien Tohari ; Tarli Nugroho
2010
Perpustakaan STPN
Gunawan Wiradi ; Benjamin White ; William L. Collier ; Soentoro ; Makali ; Chris Manning
2009
Perpustakaan STPN
Mohamad Shohibuddin ; Ahmad Nashih Luthfi
2010
Perpustakaan STPN

Lokasi Perpustakaan


Fasilitas Perpus Unit View More

Maaf Fasilitas Unit Tidak Ditemukan