Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam penelitian dan publikasi ilmiah, Perpustakaan UMY menyelenggarakan Research Week 2023 yang dilaksanakan pada 6 – 10 November 2023. Kegiatan ini adalah kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UMY guna mendukung penelitian dan publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen UMY.

Kegiatan Research Week ini berlangsung selama lima hari dengan berbagai tema. Terdapat beberapa  narasumber yang dihadirkan pada acara ini, antara lain Dwijanto Suandaru (Proquest Central), Mabel Tang (Springer Nature), Sastriyati (Turnitin), Johan Jang (Scopus), dan Irwan Sukardi (Emerald).

Selain kegiatan webinar tersebut, rangkaian Research Week 2023 juga menyediakan layanan Konsultas Ilmiah yang dilaksanakan secara luring di Public Space lt. 1 Perpustakaan UMY. Layanan konsultasi ini disediakan untuk civitas akademika UMY yang ingin berkonsultasi terkait dengan  cara mengakses artikel jurnal, cara publikasi ilmiah ke jurnal bereputasi, tips mengindari plagiasi, dll. Layanan konsultasi ilmiah ini juga berlangsung pada 6 – 10 November 2023 pukul 12.30 – 15.00 WIB.

Rangkaian kegiatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan akses database jurnal internasional dan pemahaman mengenai cara publikasi jurnal bereputasi. Diharapkan dengan adanya Research Week ini  dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi sivitas akademika UMY.


selengkapnya : https://library.umy.ac.id/news/